Konsumsi BBM Mercedes-Benz V-Class, Van Besar yang Mewah

Diposting pada

Setelah menggantikan MPV Viano yang lama, Mercedes-Benz V-Class menjadi kendaraan angkutan yang besar, menawarkan banyak ruang, konsumsi BBM yang seimbang, serta bercampur dengan kemewahan mobil kelas atas.

Mercedes bahkan disebut-sebut telah berhasil menyempurnakan van Vito miliknya dengan cara menambahkan hingga delapan kursi tergantung pada konfigurasi.

Belum lagi interiornya yang jauh lebih berasa premium karena meminjam lebih banyak elemen teknologi dan desain dari berbagai macam kelas berbeda.

Setidaknya ada dua gaya yang ditawarkannya, yakni versi wheelbase panjang dan wheelbase ekstra panjang.

Perbedaan keduanya terlihat sangat mencolok dari jumlah kursi, dimana versi wheelbase panjang hanya menyediakan tujuh kursi saja, sementara wheelbase ekstra panjang dapat ditambah menjadi delapan kursi sesuai kebutuhan.

Namun kedua versi dari Mercedes-Benz V-Class ini masih membawa data konsumsi BBM yang serupa, yang mana bisa kita lihat daftarnya berikut ini.

Konsumsi Bahan Bakar Mercedes-Benz V-Class

konsumsi bahan bakar mercedes-benz v-class

  • Mercedes-Benz V-Class 220 CDI 2014: 14,7 KM/L di dalam kota, 20,0 KM/L di luar kota, dan 17,5 KM/L rute campuran.
  • Mercedes-Benz V-Class 250 Bluetec Avantgarde 2015: 15,9 KM/L rute campuran.
  • Mercedes-Benz V-Class 220 D MWB 2.1L Diesel A/T 2016: 15,9 KM/L rute campuran.
  • Mercedes-Benz V-Class 2018: 15,9 KM/L rute campuran.
  • Mercedes-Benz V-Class 220 D MWB 2.1L Diesel A/T 2019: 15,9 KM/L rute campuran.
  • Mercedes-Benz V-Class 2020: 14,9 KM/L rute campuran.

Mercedes-Benz V-Class masuk ke dalam kelas mobil van yang tersedia sebagai van panel strandar untuk kargo atau dengan akomodasi penumpang yang menggantikan sebagian atau seluruh area muatan.

Secara bentuknya sendiri, V-Class menjadi MPV yang cukup besar. Kiprahnya dimulai pada generasi pertama yang dijual pada tahun 1996. Menyusul generasi kedua yang diperkenalkan pada tahun 2004.

⚡LAGI VIRAL!  Konsumsi BBM Mercedes-Benz E 350 Versi Teranyar Jauh Lebih Efisien

Pada tahun 2010, mobil ini menerima versi facelift yang mendapatkan tampilan baru pada bumper depan dan belakang yang direvisi, lengkap dengan lampu yang jauh lebih bergaya.

Setelah versi facelift mengudara dan sukses di pasaran, generasi ketiga akhirnya muncul semenjak tahun 2014, sekaligus menjadi jenis V-Class yang jauh lebih direkomendasikan daripada versi lamanya.

Mesin dan Performa

mercedes-benz v-class 2021

Menariknya, Mercedes-Benz V-Class telah dikemas dengan mesin diesel berkapasitsa 2.1L sehingga cenderung lebih hemat dari sisi konsumsi BBM miliknya.

Dengan mesin tersebut, V-Class mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 Hp layaknya performa yang pernah dimiliki oleh Viano berkapasitsa 3.0L yang jauh lebih boros karena kapasitas mesinnya yang raksasa.

Selain itu, performa V-Class juga dinilai cukup bagus jika disandingkan dengan kelas van lainnya, yang mana mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam kurun wakktu 9,1 detik saja.

Semua performa ini berkat besaran torsinya yang mencapai 480 Nm bersama dengan gearbox otomatis 7G-Tronic miliknya.

Interior, Desain, dan Teknologi

mercedes-benz v-class 2022

Para pemilik Mercedes-Benz yang menyukai tampilan sport sebagian besar merasa puas dengan bodi yang dimiliki oleh V-Class.

Selain itu, V-Class juga sebenarnya tak hanya didesain sebagai pengangkut barang saja, juga untuk mengangkut penumpang seperti kita sehingga mewarisi tampilan campuran antara komersial dan gaya yang tinggi.

Desainnya juga berani dengan gril dan lampu depan yang menonjol demi memberikan tampilan khas Jerman.

Jendela belakang juga dibuat besar agar sesuai dengan ukuran velg-nya yang meningkatkan profil kendaraan secara nyata.

Kemudian bagian interior menjadi bagian paling krusial karena berperan untuk meningkatkan kenyamanan para penggunanya dengan cara memberikan tampilan tengah bergaya tablet, touchpad yang intuitif, dan desain dasbor yang mengambang.

⚡LAGI VIRAL!  Konsumsi BBM BMW 7-Series Dengan Gaya Berkendara Luwes dan Sunyi

Kenyamanan Tingkat Tinggi

mercedes-benz v-class maybach edition

Sekali lagi disebutkan bahwa Mercedes-Benz V-Class memang diorientasikan pada kenyamanan terutama pada bagian interiornya.

Tak heran jika ruang bagasinya pun akhirnya ditingkatkan dengan menggunakan kursi belakang yang dapat digeser.

Sekalipun sarat akan kursi, akan tetapi masih tersedia ruang ekstra agar kita dapat menyimpan berbagai macam barang bawaan termasuk koper dan tas.

Tailgate Split dengan fungsi power close membantu kepraktisan lebih jauh lagi, seperti halnya pintu geser elektrik yang terbuka sangat lebar memberikan akses yang sangat baik ke bagian belakang kabin kendaraan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *