Konsumsi BBM Mercedes-Benz A 200 Hatchback, Dianggap Kendaraan Bintang 5!

Sebagai bagian dari merk paling terkenal di Indonesia, Mercedes-Benz selalu ada di urutan puncak sebagai perusahaan otomotif di kelasnya. Misalnya untuk kelas A yang diberi nama Mercedes-Benz A 200 Hatchback diukur dengan konsumsi BBM ada pada 33 mpg menurut para reviewer luar.

33 mpg jika dikonversi menjadi kmpl berarti ada di angka 14 km per liter untuk rute campuran, yang mana bisa kita sebut sebagai kendaraan yang sedang-sedang saja – tak terlalu hemat ataupun mahal.

Tapi jangan lupakan juga bahwa Mercedes-Benz A Class ini dianggap sebagai kendaraan bintang 5, dan kenyamanannya akan semakin terasa saat dikendarai sepanjang hari.

Tapi sebelum kita ulik lebih dalam, kita cek dulu konsumsi BBM miliknya Mercedes-Benz A 200 Hatchback seperti berikut ini.

Konsumsi Bahan Bakar Mercedes-Benz A 200 Hatchback

konsumsi bahan bakar mercedes-benz a 200 hatchback

  • Mercedes-Benz A 200 Hatchback tahun 2018: 12,7 KM/L di dalam kota, 21,7 KM/L di luar kota, dan 17,2 KM/L rute campuran.
  • Mercedes-Benz A 200 Hatchback 2.0L tahun 2019: 17,6 KM/L rute campuran.
  • Mercedes-Benz A 200 Hatchback tahun 2021: 12,7 KM/L di dalam kota, 21,7 KM/L di luar kota, dan 17,2 KM/L rute campuran.

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa Mercedes-Benz A Class ini terdiri dari 2 varian berbeda, yakni sedan dan hatchback.

Khusus untuk varian hatchback, kendaraan ini dikenal dengan sebutan Mercedes-Benz A-Class W177 di pasaran internasional semenjak debutnya dalam sebuah acara yang disebut Geneva Motor Show 2018.

Kendaraan ini pun hadir ke Indonesia sebagai versi rakitan lokal yang dilakukan di kota Bogor, tepatnya oleh PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia atau MBI.

Pilihan Mesin dan Performa yang Ditawarkan

mercedes benz a 200 hatchback 2020

Belum lengkap rasanya jika sudah mengetahui data konsumsi BBM di atas tanpa mengetahui hasil dari pembakarannya tersebut.

Seperti yang kita tahu bahwa Mercedes-Benz A-Class terdiri dari 3 varian berbeda dengan masing-masing spek yang dimilikinya, diantaranya A200, A250, dan A180d.

Khusus untuk Hatchback A200, kendaraan ini diipersenjatai oleh mesin bensin berkapasitas 1.4L yang mampu mengeluarkan tenaga kuda sebesar 180 Hp dan torsi sebesar 250 Nm.

A200 juga hadir sebagai hatchback standar yang memiliki gearbox manual 6-kecepatan. Berbeda dengan saudaranya A250 dan A180d yang keduanya menerima gearbox kopling ganda 7-percepatan.

Tapi sebelum mengumpat A200 dengan dugaan yang tidak-tidak, mending kita sesuaikan dengan sisi kebutuhan sehari-hari.

Bagi kendaraan versi keluarga, tenaga kuda dan torsi yang dimiliki oleh Mercedes-Benz A 200 Hatchback bisa dibilang lebih daripada cukup, apalagi saat kita sandingkan dengan konsumsi BBM miliknya.

Hacthback A180 vs A200

mercedes-benz a 200 hatchback 2022

Salah satu varian kendaraan dengan merk sama yang seringkali disandingkan dengan hatchback A200 adalah A180.

Bukan hanya dari konsumsi BBM saja, melainkan ada pada varian spek dan interior dari Mercedes-Benz A 200 Hatchback itu sendiri.

Sementara dari harganya, A180 memang lebih murah daripada A200. Di pasaran internasional, harga ini terpaut cukup jauh, yakni mencapai $4000.

Tapi perbedaan harga tersebut sudah barang tentu dihasilkan bukan karena tanpa alasan, melainkan ada beberapa poin yang harus kamu jadikan pertimbangan saat menyandingkan keduanya.

Misalnya, kita bisa mendapatkan tambahan tenaga untuk A200 yang ada pada angka 33Hp/50Nm, yang mana dorongan ini akan sangat berguna saat terjebak di situasi padatnya lalu lintas sehari-hari seperti kota Jakarta.

Interior yang Khas

mercedes benz a 200 hatchback

Tak perlu kita ragukan lagi jika Mercedes-Benz A 200 hatchback ini merupakan sebuah revolusi dalam hal desain interior.

Pasalnya, kita bisa menikmati dua layar besar duduk berdampingan di atas dasbornya, sementara ventilasi udara bergaya turbin ada di bawahnya, yang dikelilingi oleh trim hitam mengkilap.

Jadi kita tak hanya disuguhkan dengan gaya eksteriornya yang megah dan mewah saja, juga sampai pada bagian interiornya yang memanjakan kita sepanjang hari saat mengemudikan di jalanan padat Jakarta hingga luar kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.