Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

Diposting pada

Apa saja yang menjadi penyebab setir mobil terasa berat? Setir atau kemudi merupakan bagian yang sangat penting untuk membuatmu nyaman selama mengemudikan mobil. Bayangkan jika setirmu bermasalah, maka kamu tidak bisa mengemudikan mobilmu dengan nyaman dan aman.

Inilah Beberapa Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

penyebab setir mobil terasa berat

Ada beberapa hal yang ternyata dapat menyebabkan setir mobil berat. Masalah ini tidak boleh kamu biarkan karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Apalagi jika kamu harus mengemudikan mobil dengan jarak yang jauh. Kamu aka merasa kurang nyaman dan malah bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

1. Penyebab Setir Mobil Terasa Berat Berasal dari Ban Mobil

Meskipun sebenarnya letak ban cukup jauh dari sistem kemudi, namun ternyata ban masih berada di satu sistem dengan power steering. Jadi, ketika ban mobil kempes maka kamu akan merasakan bahwa setir mobil terasa berat. Akibatnya kamu tidak bisa mengendalikan mobilmu sebagaimana mestinya.

Ban yang kempes terjadi karena tekanan angin pada ban berkurang. Kondisi ini tidak boleh kamu biarkan. Semakin lama kamu biarkan maka kamu akan semakin kesulitan untuk mengontrol mobilmu. Terlebih lagi jika waktu itu kamu harus menempuh perjalanan jauh.

Maka dari itu, untuk menghindari masalah ini pastikan kamu mengecek seluruh kondisi ban. Pastikan tekanan pada bank sudah cukup. Jika habis, maka segera pompa ban tersebut agar tekanannya sesuai. Setelah itu baru kamu bisa mengendarainya dengan nyaman.

2. Oli Power Steering yang Habis

Untuk membuat kemudi dapat berputar secara sempurna, maka kemudi memerlukan oli steering. Oli inilah yang nanti akan bertugas sebagai pelumas setir. Akan tetapi, ketika oli pada kemudi tersebut berkurang atau bahkan habis, maka kamu akan merasakan efeknya. Salah satu efek yang paling umum adalah setir mobil akan terasa berat. Mengapa hal ini terjadi?

⚡LAGI VIRAL!  Berapa Lama Waktu Normal Untuk Charge Aki Mobil

Setir yang berat kaerna tekanan hidrolik tidak cukup dalam membantu meringankan putaran pada setir. Kondisi ini kemudia berefek pada kemudi yang sulit untuk kamu gerakkan. Solusinya sangat mudah yaitu kamu harus rutin mengecek oli steering.

Jangan bosan-bosan mengecek oli steering. Dengan begitu permasalahan setir terasa berat tidak akan kamu alami. Kamu tetap bisa mengemudikan mobilmu dengan lancar tanpa kendala.

3. Pompa Oli Steering yang Mampet

Penyebab setir mobil terasa besrat juga bisa karena pompa oli steering yang mampet. Seandainya mobilmu memiliki oli steering yang masih banyak namun kemudianya tetap terasa berat, kemungkinan ada bagian yang mampet. Biasanya pompa oli yang mampet karena kamu jarang ganti oli.

Permasalahan ini juga bisa terjadi karena kamu menggunakan oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi. Maka dari itu kamu harus secara rutin mengganti oli steering. Yang tidak kalah penting yaitu pastikan bahwa oli steering yang kamu gunakan sesuai standar.

4. Power Steering Belt Rusak

Komponen lain yang juga berpotensi menyebabkan setir mobil terasa berat adalah power steering belt. Belt juga biasa dinamakan kipas pemutar yang memiliki fungsi yaitu memutar pompa oli agar bisa menghasilkan tekanan hidrolik. Ketika belt bermasalah, maka pompa oli power steering tidak dapat kamu putar. Kondisi ini berakibat setir kehilangan tekanan sehingga tidak heran jika kamu merasa berat ketika memutarnya.

5. Rack Steer Bermasalah

Penyebab setir mobil berat yang kelima berasal dari rack steer. Ini merupakan bagian yang menghubungkan setir dengan kaki-kaki mobil. Rack steer juga membuat kemudi tetap stabil serta mudah kamu gerakkan. Ketika komponen ini bermasalah, maka kemudi akan terasa berat dan susah untuk kamu kontrol.

⚡LAGI VIRAL!  Belajar Bawa Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.