Mobil Mati Saat Injak Kopling? Atasi dengan Cara Ini!

Diposting pada

Cara mengatasi mobil mati saat injak kopling sebenarnya gampang-gampang susah. Bagi para pemilik mobil, mengetahui bagaimana cara merawat mobil adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai hanya sekadar membeli mobil namun tidak mengetahui bagaimana cara menjaga mobil tersebut performanya tetap bagus.

Tidak memperhatikan kondisi mobil hanya akan membuat mobil tersebut mengalami masalah. Perawatan mobil bukan hanya berkaitan dengan interiornya saja. Kamu juga harus memahami bagaimana cara merawat berbagai komponen yang ada di dalam mobil tersebut. Mobil yang jarang dirawat akan menimbulkan masalah. Salah satunya adalah mesin mobil mati ketika kamu menginjak kopling.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa mobilnya masih memiliki performa yang prima. Namun ketika pedal kopling diinjak, tiba-tiba mobil mati. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Jangan khawatir karena kami memiliki solusinya.

Solusi Mobil Mati Saat Injak Kopling

mobil mati saat injak kopling

Bagi kamu yang mengalami masalah seperti ini jangan khawatir. Kami sudah memiliki beberapa langkah untuk mengatasi mobil mati saat injak kopling.

1. Bersihkan Karburator

Mesin mobil yang mati penyebabnya bisa dari karburator yang kotor. Kotoran pada karburator harus segera kamu tangani karena ini akan berpengaruh terhadap performa mobil. Kotoran yang terlalu lama akan berubah jadi kerak sehingga cukup sulit untuk membrsihkannya.

Maka dari itu, kamu harus rutin membersihkan karburator. Tujuannya agar masalah mesin mati tersebut tidak kamu alami. Pembersihannya juga harus kamu lakukan dengan cara yang tepat. Misalnya dengan memakai karburator cleaner. Setelah membersihkan karbu, kamu tunggu apakah ada perubahan pada performa mesin atau tidak.

Jika masalah masih terjadi, kemungkinan kamu harus melakukan OH karburator. Dengan begitu, kotoran pada venturi dapat kamu bersihkan.

⚡LAGI VIRAL!  Apa Itu Aki Dlm Medis

2. Memperbaiki Kabel Persneling

Jika kondisi karburator sudah bersih namun masalah tetap terjadi, kemungkinan berasal dari kabel persneling. Mungkin saja kabel persneling putus sementara kamu tidak menyadarinya. Kondisi ini akan berakibat pada RPM mobil yang turun dan bahkan mesin akan langsung mati ketika kamu menginjak kopling.

Hal tersebut bisa terjadi karena persneling  adalah komponen yang berperan sebagai sistem penggerak. Jadi, ketika terjadi masalah maka mesin mobil tidak dapat bekerja secara normal. Transmisinya akan terganggu dan bahkan membuat mesin sama sekali tidak bisa kamu nyalakan.

3. Mengganti Kampas Kopling

Cara mengatasi mesin mati saat injak kopling adalah dengan mengganti kampas kopling. Beberapa kasus mengenai masalah mesin biasanya berasal dari kampas yang memang sudah harus kamu ganti. Jika tidak segera kamu ganti, performa mobil akan menurun dan mesin seolah-olah tidak memiliki tenaga sama sekali.

Kondisi ini semakin terasa ketika kamu melalui jalanan menurun atau menanjak. Kampas kopling yang tidak segera diganti juga menyebabkan gerakan mobil melambat dan bahkan mati. Oleh karena itu, penting untuk mengecek kampas kopling secara rutin. Jika terasa sudah perlu kamu ganti, maka kamu harus segera menggantinya.

4. Memperbaiki Air Flow Meter

Cara terakhir untuk mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling adalah dengan servis air flow meter. Ini merupakan salah satu sensor yang paling penting untuk mobil dengan mesin injeksi. Fungsinya adalah menyalurkan serta mengukur udara yang masuk ke mesin mobil.

Ketika air flow meter mengalami masalah, maka berdampak pada RMP mobil yang menurun secara drastis. Bahkan bisa mengakibatkan mesin tidak bertenaga sama sekali. Bahkan meskipun kamu menginjak gas dan melepaskan kopling. Untuk mengatasi mesin mobil yang mati, cobalah mengecek air flow meter. Bawa mobilmu ke bengkel terpercaya agar masalah ini bisa teratasi.

⚡LAGI VIRAL!  Apa Keungggulan Aki Gs Calcium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.