Suara Mesin Mobil Kasar Saat Panas dan Solusinya

Diposting pada

Suara mesin mobil kasar saat panas merupakan masalah yang tidak boleh kamu abaikan. Jika seperti ini, performa mesin akan semakin menurun. Akibatnya, kenyamanan ketika berkendara pun akan semakin terganggu. Untuk itu, kamu harus segera menemukan penyebabnya sehingga segera tahu tindakan apa yang harus kamu lakukan.

Apa Saja Penyebab Suara Mobil Kasar Saat Panas?

suara mesin mobil kasar

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab suara mesin mobil kasar ketika panas. Untuk mengetahui beberapa penyebabnya, kamu bisa mengikuti penjelasan kami di bawah ini.

1. Bunyi dari Bearing Mesin

Bagi yang belum tahu, mesin mobil memiliki ratusan bearing. Bearing adalah bantalan yang ada di antara dua komponen. Bearing akan saling bergesekan satu dengan yang lainnya. Dikarenakan di dalam mesin tersebut banyak komponen yang saling bergesekan, maka jumlah bearing pun banyak.

Pada saat mesin mobil panas, bearing mulai memuai. Inilah yang kemudian menyebabkan mesin mobil terasa kasar. Jika kamu mengalami masalah ini, maka segera bawa mobilmu ke bengkel agar segera dilakukan perbaikan.

2. Klep Terlalu Rapat

Penyebab yang kedua sehingga berakibat pada mesin mobil kasar adalah pemasangan klep yang terlalu rapat. Katup mesin atau klep mempunyai jarak kurang lebih 0,2 sampai 0,3 mm untuk masing-masing klep. Pemberian jarak klep tersebut adalah sebagai jarak toleransi pada saat klep memuai.

Itu artinya, ketika suhu pada mesin panas maka celah atau jarak tersebut akan lebih dekat alias mengecil. Masalah tentang katup mesin ini memang rumit. Jika pemasangannya terlalu longgar, berakibat keluar suara kletek-kletek. Sementara itu, ketika pemasangannya terlalu rapat maka menyebabkan mesin bergetar.

Kondisi ini membuat mesin mobil mengeluarkan suara kasar ketika suhunya memanas. Selain itu, karena posisi klep berada di kepala silinder, maka bunyi kasar ddari mesin akan terdengar secara jelas. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Di sini kamu cukup mengatur ulang jarak katup mesin tersebut menggunakan kunci ring atau obeng.

⚡LAGI VIRAL!  Kenapa Aki Cepet Drop

Lalu bagaimana dengan mobil yang telah memakai HLA atau setelan otomatis? Kamu tidak perlu menyetelnya. Namun yang harus kamu lakukan adalah cukup membersihkanya saja. Kemungkinan terdapat kotoran yang mengganjal mekanisme HLA. Setelah kamu bersihkan, mesin mobil akan kembali seperti semula dan kamu tidak merasakan masalah apa pun.

3. Bunyi dari Knocking

Penyebab mesin mobil kasar yang ketiga bisa berasal dari bunyi karena knocking. Knocking tersebut terjadi karena adanya pembakaran yang belumm sempurna. Untuk masalah knocking tersebut memang kebanyakan berasal dari faktor bensin. Biasanya kamu menggunakan bahan bakar yang oktanenya kurang.

Bukan hanya itu, masalah knocking juga bisa terjadi kaerna adanya ruang bakar yang sudah kotor. Kemudian mobil akan mengalami knocking pada saat suhu mesin panas. Jika kamu belum tahu, suara knocking mirip seperti palu yang sedang diketuk ke logam dengan interval tertentu.

Maka dari itu, jika ternyata mobilmu mengeluarkan suara seperti ini maka itu tandanya mobilmu perlu tune up. Selain itu, kamu juga perlu mengecek bensinnya apakah menggunakan oktane tinggi atau rendah. Berkaitan dengan bahan bakar, kamu juga harus menyesuaikannya dengan tekanan pada kompresi mesin. Jika tekanannya berada di atas 10,5 maka lebih baik kamu mamakai bensin yang memiliki oktane 92 ke atas, misalnya Pertamax.

4. Oli Terlalu Encer

Penyebab mobil kasar saat panas juga bisa karena kondisi oli yang terlalu encer. Ketika membeli oli, kamu harus memperhatikan spesifikasi oli tersebut apakah sesuai dengan mobilmu atau tidak. Kamu perlu memeriksa tinggal kekentalan oli. Biasanya mobil yang sudah berusia 5 tahun di atas, sebaiknya tidak menggunakan oli yang terlalu encer. Minimal gunakan oli mobil yang memiliki 10W.

⚡LAGI VIRAL!  Cara Oper Gigi Mobil Yang Halus

Ketika oli terlalu encer bisa mengakibatkan suara kasar di mesin. Kamu bisa bertanya kepada pihak bengkel tempat kamu ganti oli mengenai oli terbaik untuk mobilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.