Belajar Memindahkan Gigi Mobil Manual

Diposting pada

Ingin belajar memindahkan gigi mobil manual? Belajar mengendarai mobil harus memahami bagaimana cara mengendalikannya. Saat ini terdapat dua sistem mobil yaitu mobil dengan transmisi manual dan matic. Bagi orang yang belajar mengendarai mobil, biasanya mereka akan disarankan untuk belajar mobil manual.

Alasannya karena ketika sudah bisa mengendarai mobil manual, maka akan lebih mudah mengendarai mobil matic. Hal ini karena untuk menjalankan mobil matic hanya cukup pedal gas serta rem. Akan tetapi, mobil matic lebih sulit di dalam perawatannya serta biaya perawatannya yang cenderung lebih mahal.

Sementara itu, mobil manual lebih mudah dan murah perawatannya. Meskipun dalam mengendarainya memang lebih sulit karena kamu masih harus menginjak pedal kopling. Mobil bertransmisi manual lebih baik dalam hal transmisi. Alasannya karena mobil manual memiliki sistem kopling yang bertugas mengatur kecepatan sesuai keinginan pengemudi.

Secara umum, terdapat 5 transmisi pada mobil manual. Untuk bisa memindahkan transmisi tersebut kamu memerlukan tuas persneling. Sementara itu, memindahkan tuas persneling harus dengan menginjak kopling. Perpindahan pada mobil manual juga harus sesuai nomor persnelingnya.

Bagaimana Cara Memindahkan Memindahkan Gigi Mobil Manual?

memindahkan gigi mobil manual

Lalu bagaimana cara memindahkan gigi mobil manual? Sebenarnya caranya hampir sama dengan ketika kamu menyetir motor yang memiliki kopling. Hanya saja untuk kopling pada mobil harus kamu injak sementara pada sepeda motor tinggal kamu tekan menggunakan jari.

Berikut ini langkah-langkah memindahkan gigi pada mobil manual. Setelah mengetahui informasi tersebut, kamu bisa memahami bagaimana cara memindahkan gigi pada mobil dengan benar.

1. Perhatikan Posisi N atau Gigi Netral

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu terkait posisi N atau gigi netral. Pastikan bahwa gigi netral ada di tengah. Untuk mengetahuinya, ketika tuas persneling dapat kam gerakkan ke kiri dan ke kanan maka itu tandanya gigi berada di posisi netral.

⚡LAGI VIRAL!  Apa Yang Harus Dilakukan Jika Aki Mobil Soak

2. Memasukkan Gigi

Setelah memahami posisi gigi netral, maka sekarang waktunya mengetahuinya bagaimana cara memasukkan gigi dengan benar. Untuk memasukkan gigi pada mobil manual sangat mudah. Kamu cukup menggeser tuas ke posisi paling kiri kemudian dorong ke depan. Itu tandannya masuk ke gigi satu.

Sementara untuk masuk ke gigi dua, kamu tahan tuas ke kiri lalu tarik ke belakang. Sementara untuk masuk ke gigi tiga, kamu tinggal menarik tuas ke depan dan begitu seterusnya. Perlu kamu ingat bahwa setiap berpindah gigi, pastikan kamu menginjak pedal kopling.

3. Posisi Mundur

Cara memindahkan gigi mobil manual yang ketiga adalah belajar bagaimana cara memundurkannya. Untuk memundurkan mobil manual, pastikan tuas berada di posisi netral. Kemudian dorong tuas ke kanan lalu tarik ke belakang. Hampir sama ketika kamu ingin berpindah ke gigi dua. Hanya saja kamu menarik tuasnya ke kenan sementara untuk berpindah ke gigi dua, tuas ditarik ke kiri.

Bagaimana Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual?

Lalu bagaimana cara untuk menurunkan gigi pada mobil manual? Sebenarnya caranya juga cukup mudah. Kamu cukup menurunkan dari angka yang tinggi ke angka yang rendah. Namun pastikan kamu sambil menginjak pedal kopling. Kamu juga harus memperhatikan kecepatan mobilmu. Jangan sampai menurunkan posisi gigi sementara mobil masih melaju dengan kecepatan yang tinggi. Maka dari itu, kamu juga harus menyesuaikan kecepatannya. Pastikan mengurangi kecepatan ketika ingin mengurangi gigi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Sekarang kamu sudah bisa bagaimana cara memindahkan gigi mobil manual baik menaikkan maupun menurunkan giginya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.