Konsumsi BBM Tata Xenon HD Bersaing Dari Fitur Hingga Bahan Bakar

Diposting pada

Sebagai negara berkembang, India memang tak ingin ketinggalan dari negara maju perihal otomotif. Terbukti dengan rajinnya mereka menciptakan mobil-mobil berkualitas tinggi yang mengerti akan kebutuhan kita, seperti misalnya Tata Xenon HD yang bersaing baik dari sisi fitur maupun konsumsi BBM di kelasnya.

Tata Xenon ini bisa dibilang menjadi salah satu varian tertinggi daripada mobil pickup berukuran kecil seperti Tata Ace EX2 atau Tata Super Ace HT mengingat kapasitas mesinnya yang lumayan raksasa.

Alhasil, mobil ini siap menjelajahi berbagai macam medan di Indonesia sambil membawa barang muatan demi kelancaran bisnis kita dalam jangka panjang.

Untuk itulah, kita nilai dulu dari sisi konsumsi BBM sehingga kita bisa tahu apakah Tata Xenon HD ini cocok dengan perputaran uang bisnis kita atau tidak.

Konsumsi Bahan Bakar Tata Xenon HD

konsumsi bahan bakar tata xenon hd

  • Tata Xenon HD 2017: 13,5 KM/L rute campuran.
  • Tata Xenon HD 2018: 13,5 KM/L rute campuran.
  • Tata Xenon HD 2019: 13,5 KM/L rute campuran.
  • Tata Xenon HD 2020: 13,5 KM/L rute campuran.
  • Tata Xenon HD 2021: 10,2 KM/L di dalam kota, dan 13,5 KM/L di luar kota.

Tata Xenon sebelumnya dikenal dengan sebutan Tata Telcoline sebagai truk pickup berukuran sedang yang dibuat oleh produsen otomotif India bernama Tata Motors semenjak tahun 1988.

Namun setelah berhasil merambah ke berbagai macam pasaran di dunia, papan nama ini diganti dengan sejumlah sebutan yang berbeda, seperti Tatamobile, Tata Loadbeta, atau tata Pickup saja.

Kemudian pada tahun 2005, untuk pertama kalinya Tata memperkenalkan Talcoline sebagai AWD di India. Namun dikarenakan produksinya berakhir pada tahun 2008, munculah Tata Xenon HD sebagai penerusnya sekaligus mengganti Tata Xenon RX di Indonesia.

⚡LAGI VIRAL!  Konsumsi BBM BMW 6-Series Menjadi Rival Kuat Dari Merk Mewah

Mesin Jagoan untuk Menanjak

tata xenon hd pick up

Salah satu faktor yang wajib kita nilai sebelum membeli sebuah mobil truk pickup adalah kemampuannya dalam menanjak sembari membawa muatan barang.

Maka dari itulah, sang produsen akhirnya membekali varian mesin yang dapat kita pilih menyesuaikan kondisi geografis jalanan di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, bahkan mereka menghadirkan Tata Xenon HD dengan mesin diesel berkapasitas 3.0L yang dilengkapi oleh turbo-intercooled dengan ratio gear yang begitu tinggi.

Berkat spek ini jugalah, mobil tersebut mampu menanjak dengan begitu stabil sekalipun sarat akan barang bawaan sesuai porsinya tanpa harus membebani konsumsi BBM miliknya terlalu parah.

Secara teoritisnya, powertrain di atas mampu menghasilkan tenaga kuda sebesar 71 Hp dan torsi sebesar 275 Nm. Saat dikebut di jalanan, kita bisa menikmati akselerasinya dengan kecepatan maksimum sampai pada 105 km per jam.

Tenaganya tersebut kemudian dikawinkan dengan teknologi transmisi terbaru agar kamu lebih mudah dalam melakukan perpindahan gigi selama berkendara.

Terlihat Berat Tapi Mumpuni

spesifikasi tata xenon hd

Secara bodinya sendiri, Tata Xenon HD ini memang terlihat begitu besar dan nampak seperti truk raksasa pada umumnya.

Padahal setelah kendaraan tersebut dijalankan, maka cenderung ringan sama halnya seperti truk pickup kecil biasa.

Ukuran bodinya yang besar tersebut semata-mata untuk mengimbangi muatan yang biasanya mampu membawa lebih dari 1 ton.

Bahkan ada pengemudi yang mengaku nekat membawa muatan hingga 3 ton dan masih mampu sampai dengan selamat – sekalipun cenderung tak disarankan.

Secara garis besarnya, bodi besar dan nampak berat tersebut masih kuat saat kita bawa melalui tanjakan, dan bahkan berhasil menyalip para pesaingnya dari Jepang.

Jalanan Berbatu Bisa Dilalui

harga tata xenon hd

Berkat ground clearance yang tinggi, Tata Xenon HD ini juga jagoan saat dihadapkan dengan jalanan berbatu, yang mana kemampuannya mirip seperti kendaraan off-road yang lebih mahal.

⚡LAGI VIRAL!  Konsumsi BBM Honda HR-V Lumayan Irit, Kargo Luas dan Eskterior Sporty

Kehadiran hidung di bagian depannya juga memudahkan kita dalam berkendara sehingga jatuhnya jauh lebih aman dibandingkan dengan saudara pickup-nya berupa Tata Ace EX2.

Sumbu roda yang panjang juga memberikan kemampuan mobilitas dan kestabilan saat melewati berbagai macam gundukan sembari membawa muatan di belakangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *