Konsumsi BBM Mazda CX-9 Menempati Urutan Teratas di Kelas SUV

Mobil lawas bernama Mazda CX-9 ini ternyata masih diproduksi hingga sampai sekarang berkat konsumsi BBM dan performanya yang sangat efisien saat dipacu di jalanan.

Bahkan Mazda CX-9 terbaru berhasil menempati urutan teratas di kelas SUV berukuran menengah yang penuh dengan kompetisi.

Prestasinya tersebut sebagian besar didapatkan berkat bahan kabinnya yang berkualitas, mesinnya yang bertenaga namun tetap hemat bahan bakar, serta sistem kemudinya yang dipoles sempurna.

Bersinar semenjak tahun 2006 di pasaran internasional, varian terbaru hadir dengan mesin turbocharged demi menghasilkan performa dan gaya berkendara segesit SUV berukuran kecil.

Kegesitas dan ketampanannya tersebut tentu dilengkapi oleh data konsumsi BBM Mazda CX-9 berikut ini.

Konsumsi Bahan Bakar Mazda CX-9

konsumsi bahan bakar mazda cx-9

  • Mazda CX-9 tahun 2016: 9,4 KM/L di dalam kota, dan 11,9 KM/L di luar kota.
  • Mazda CX-9 FWD tahun 2017: 9,4 KM/L di dalam kota, 11,9 KM/L di luar kota, dan 10,2 KM/L rute campuran.
  • Mazda CX-9 AWD tahun 2017: 8,5 KM/L di dalam kota, 11,05 KM/L di luar kota, dan 9,8 KM/L rute campuran.
  • Mazda CX-9 2.5L tahun 2018: 8,5 KM/L di dalam kota, 11,05 KM/L di luar kota, dan 9,8 KM/L rute campuran.
  • Mazda CX-9 2.5T i-Active AWD tahun 2019: 8,5 KM/L di dalam kota, 11,05 KM/L di luar kota, dan 9,8 KM/L rute campuran.
  • Mazda CX-9 2.5L FWD tahun 2020: 9,4 KM/L di dalam kota, 11,9 KM/L di luar kota, dan 10,2 KM/L rute campuran.
  • Mazda CX-9 2.5L AWD tahun 2020: 8,5 KM/L di dalam kota, 11,1 KM/L di luar kota, dan 9,8 KM/L rute campuran.
  • Mazda CX-9 Sport FWD tahun 2021: 9,4 KM/L di dalam kota, dan 11,9 KM/L di luar kota.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Mazda CX-9 ini telah diproduksi semenjak tahun 2006 di Jepang sebagai SUV Crossover berukuran sedang.

Namun uniknya, CX-9 ini tidak dijual di pasar Jepang secara domestik karena melebihi ambang batas utama dalam dimensinya dan perpindahan mesin yang membebani penggunanya dengan pajak tahunan super mahal.

Sebagai gantinya, Mazda CX-9 dilepaskan ke pasaran internasional termasuk di Indonesia dengan spek yang telah disesuaikan dengan berbagai macam regulasi dan kebutuhan masyarakat kita sehari-hari.

Sejauh ini Mazda CX-9 sudah memasuki generasi kedua yang dirilis pada tahun 2016 dengan mengandalkan teknologi sama, yakni turbocharged agar lebih mampu bersaing di pasaran.

Cerminan Varian Jadul

mazda cx 9 2010

Sebelum kita benar-benar melihat varian yang lebih terbaru, perlu diingat pula bahwa varian jadul seperti produksi tahun 2009 saja sudah dipersenjatai dengan spek dan mesin yang sangat mumpuni dan bersaing di kelasnya.

Menurut para penggunanya sendiri melaporkan bahwa Mazda CX-9 tahun 2009 menjadi salah satu SUV tiga baris terbaik yang worth it banget untuk dibeli.

Kala itu, semua model CX-9 hadir dengan kapasitas mesin sebesar 3.7L yang mampu menghasilkan tenaga kuda sebesar 273 Hp yang tersedia dengan tipe FWD dan AWD.

Sayangnya, keluaran mobil di bawah tahun 2010 masih berjuang keras dalam mengatur efisiensi bahan bakarnya, sehingga konsumsi BBM Mazda CX-9 keluaran tahun tersebut dinilai sangat boros mengingat kapasitas mesinnya yang besar.

Makanya, Mazda pun belajar cara memproduksi kendaraan yang awet tanpa harus mengorbakan performanya secara keseluruhan.

Mazda CX-9 Generasi Kedua

mazda cx 9 2021

Sebagai perbandingannya, kita lihat Mazda CX-9 generasi kedua yang telah diproduksi semenjak tahun 2016 lalu.

Catatan ini juga nantinya menjadi alasan kenapa kamu harus memilih varian generasi kedua ketimbang tipe yang lebih jadul.

Seperti kebanyakan kendaraan Mazda, CX-9 generasi kedua ini juga menawarkan dinamika berkendara yang gesit.

SUV tiga baris ini lepas landas dengan begitu cepat setelah berhenti, dan kemudian mengurangi tenaganya pada kecepatan tinggi demi menghemat bahan bakar.

Generasi Kedua Mendapatkan Desain Ulang

mazda cx 9 awd

Mazda pun sepenuhnya melakukan desain ulang terhadap CX-9 untuk model tahun 2016 dan seterusnya. Perubahan untuk generasi baru ini termasuk mesin empat silinder turbocharged yang lebih hemat bahan bakar untuk menggantikan mesin V6 versi jadul yang lebih haus.

Kualitas interiornya sendiri juga terlihat sangat bagus dengan fitur yang lebih modern, sehingga menjadikannya salah satu mobil keluarga yang sporty.

Generasi kedua ini dibekali dengan empat varian berbeda, yaitu Sport, Touring, Grand Touring, dan Signature.

Semua model ini memiliki mesin yang sama dengan penggerak roda depan atau AWD, kecuali trim Mazda CX-9 Signature yang hanya tersedia secara khusus dalam model AWD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.