Konsumsi BBM Mazda CX-30, Ahli Dalam Menangani Tikungan Tajam

Mazda CX-30 sangatlah ahli dalam menangani tikungan tajam sambil mempertahankan pengendaraan yang nyaman dan konsumsi BBM yang tetap solid.

Tapi ini hanya satu dari sekian banyaknya kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari kendaraan yang baru saja lahir di tahun 2019 yang satu ini.

Secara keseluruhan, kebanyakan pengguna Mazda CX-30 mengaku bahwa kendaraan ini sangatlah menyenangkan saat dikendarai setiap harinya.

Sekalipun membutuhkan beberapa waktu untuk dapat berakselerasi setelah berhenti, akan tetapi ini semata-mata demi membuatnya tetap hemat secara penggunaan bahan bakar.

Berbicara masalah bensin, mending kita lihat secara lebih lengkap data konsumsi BBM Mazda CX-30 berikut ini saja yuk!

Konsumsi Bahan Bakar Mazda CX-30

konsumsi bahan bakar mazda cx-30

  • Mazda CX-30 2.0L SkyActive-G A/T tahun 2019: 14,7 KM/L di dalam kota, 20,8 KM/L di luar kota, dan 18,2 KM/L rute campuran.
  • Mazda CX-30 2.5L SkyActive-G A/T tahun 2020: 10,6 KM/L di dalam kota, 14 KM/L di luar kota, dan 11,9 KM/L rute campuran.
  • Mazda CX-30 2.5L Turbo AWD tahun 2021: 9,4 KM/L di dalam kota, dan 12,8 KM/L di luar kota.

Sama halnya seperti merk Mazda lainnya, CX-30 ini masuk ke dalam kelas SUV Crossover subkompak yang lahir semenjak tahun 2019 dalam sebuah acara bernama Geneva Motor Show 2019.

Tapi siapa sangka ternyata CX-30 ini didasarkan pada Mazda 3 generasi keempat dari hampir berbagai macam sisi.

Tapi tempat kita tak bisa serta-merta membelinya pada saat itu, karena kendaraan ini baru sampai ke Indonesia pada tanggal 28 Januari 2020 dengan model turbo berkapasitas 2.5L yang juga dijual secara internasional.

Mazda CX-30 menjadi varian paling bungsu sejauh ini untuk versi CX, yang mana seringkali disandingkan dengan Mazda CX-3 dan Mazda CX-5 sebagai perbandingan.

Mobil Mewah Paling Bersahabat Dengan Kantong

mazda cx 30 harga

Sekalipun desainnya nampak mewah seperti yang digunakan oleh direktur kaya raya dan crazy rich lainnya, Mazda CX-30 masihlah mampu dikejar oleh kalangan menengah.

Secara rata-rata, harga pasaran Indonesia bisa dibungkus dengan angka 536 jutaan saja, lebih mirip seperti mobil SUV keluarga biasa dengan tampilan sejuta umat.

Menurut ketua dan CEO Mazda North American Operation sendiri mengatakan bahwa Mazda CX-30 mengedepankan desain dan dinamika, yang mana bisa kita rasakan saat mengendarainya.

Faktanya, dua karakteristik ini sudah tersemat di berbagai macam tipe Mazda, dan CX-30 adalah varian yang paling terlihat dalam menawarkan keduanya.

Desain dan Dinamika

mazda cx 30 indonesia

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa desain dan dinamika sudah menjadi dua karakteristik yang paling dikedepankan oleh produsen Mazda.

Alhasil, para desainer dan engineer saling bahu-membau demi menciptakan kendaraan premium dengan merk terdepan di kelasnya.

Produsen juga ingin menjadikan kendaraan mereka tetap nyaman dan menyenangkan saat digunakan, murah saat dibeli, akan tetapi mewah dan terjangkau di saat yang bersamaan.

Visi yang cukup serakah ini membutuhkan bertahun-tahun untuk dapat dikembangkan, dimulai dari CX-5 di awal tahun 2000an, hingga CX-30 yang kini menjadi model paling bungsu untuk coba kita kejar.

Tentu saja, semua faktor ini tidak mengorbankan mesin dan performa yang dimilikinya, sehingga membuat kita merasa mengendarai mobil sport tetapi dalam versi gaya keluarga.

Varian Mesin yang Ditawarkan

mazda cx 30 2020

Jadi, kamu tak perlu khawatir mengenai performa dan mesin yang ditawarkannya, karena sekalipun lebih mengedepankan desain, dinamika, dan kenyamanan, akan tetapi kita masih mampu melesat dengan konsumsi BBM Mazda CX-30 miliknya yang hemat.

Sejauh ini ada 3 varian teknologi mesin yang ditawarkannya, diantaranya:

  • Mesin 2.0L berteknologi PE-VPS I4 bertransmisi SkyActive-D Otomatis dan SkyActive-MT Manual 6-percepatan tahun 2019, mampu menghasilkan tenaga sebesar 155 HP dan torsi sebesar 203 Nm.
  • Mesin 2.5L berteknologi PY-VPS I4 bertransmisi sama seperti 2.0L di atas tahun 2019, mampu menghasilkan tenaga sebesar 186 Hp dan torsi sebesar 252 Nm.
  • Mesin 2.5L berteknologi PY-VPTS I4 Turbo bertransmisi SkyActive-D otomatis 6-percepatan tahun 2021, mampu menghasilkan tenaga kuda sebesar 250 Hp dan torsi sebesar 434 Nm.

Dari daftar di atas saja sudah menjadi bukti bahwa Mazda CX-30 termasuk ke dalam kendaraan yang jagoan dalam menyediakan performa, desain, ergonomis, dan penghematan pada konsumsi BBM sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.