Konsumsi BBM MG ZS EV, Mobil Listrik China 400 Jutaan!

Sebelum kamu merasa ngiler dengan MG ZS EV, perlu dicatat bahwa salah satu masalah klasik pada mobil listrik apapun terletak pada harga jualnya yang sangat tinggi sekalipun nantinya bisa menghemat dalam jangka panjang berkat konsumsi BBM yang super duper irit.

Tapi untungnya, harga mobil ini tidak mencapai milyaran seperti halnya mobil mewah atau supercar lainnya, melainkan ada di rentang antara 400 hingga 600 jutaan.

Sejak papan nama MG ini diluncurkan ke pasaran sebagai produk mobil China, sang produsen sudah mulai berfokus meningkatkan kualitasnya seiring dengan berjalannya waktu. Penjualannya yang terus meningkat menjadi salah satu bukti kesuksesan yang berhasil mereka tuai.

MG ZS sendiri menjadi model yang paling bulat, jadi tak mengherankan jika MG ZS dipilih sebagai basis untuk kendaraan listrik yang diberi nama EV.

Sebagai mobil listrik pertamanya MG, pertama-tama mari kita lihat dulu seberapa hematkah kendaraan ini melalui data konsumsi BBM ZS EV berikut.

Konsumsi Bahan Bakar MG ZS EV

konsumsi bahan bakar mg zs ev

  • MG ZS EV 2018: 550 km/full chas di dalam kota, 325 km/full chas di luar kota, dan 415 km/full chas rute campuran.
  • MG ZS EV 44kWh 143Hp 2019: 335 km/full chas di dalam kota, 195 km/full chas di luar kota, dan 255 km/full chas rute campuran.
  • MG ZS EV Facelift 72kWh 156 Hp 2021: 5,6 km/kWh rute campuran.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa mobil listrik ini masuk ke dalam keluarga MG ZS yang dirilis pada tahun 2017 lalu sebagai kelas SUV Crossover Subkompak yang diproduksi oleh produsen otomotif China SAIC Motor.

Kemudian menyusul dari sana, setahun kemudian versi listriknya ZS bernama MG ZS EV memulai debutnya di Guangzhou AutoShow 2018 dengan menampilkan baterai bertenaga 44,5 kWh yang digabungkan dengan motor posisi depan.

⚡LAGI VIRAL!  Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Kurang Irit Tapi Worth It! Kok Bisa?

Berkat spek tersebut, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga kuda sebesar 141 Hp dan torsi sebesar 350 Nm yang disalurkan ke roda depan.

Perbedaan Dengan MG ZS Bensin

mg zs ev indonesia

Kita memang disuguhkan dengan MG ZS varian bensin dengan harga jual yang lebih murah, akan tetapi dari sisi kinerjanya cukup lambat.

Sebaliknya, MG ZS EV memiliki performa yang jauh lebih cepat tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya operasionalnya sehari-hari.

Seperti yang bisa kamu lihat output power-nya yang sudah disebutkan di atas, yang kemudian digabungkan dengan kemampuan akselerasinya antara 0-100 km/jam yang mampu ditempuh hanya dalam kurun waktu 8,4 detik saja.

Gaya Berkendara yang Biasa-Biasa Saja

mg zs ev 2022

Sayangnya, kinerjanya yang mapan tersebut tak diimbangi oleh gaya berkendaranya yang seru, melainkan hanya terasa biasa-biasa saja.

Bagian kemudinya tidak sebagus Nissan Leaf atau Peugeot e-2008 karena meskipun responnya dapat kita prediksikan, akan tetapi penyesuaiannya kurang begitu mumpuni sebagai kendaraan berpenggerak roda depan atau FWD.

Selain itu, kesan menyenangkannya terhapus akibat bobot baterainya yang sangat berat. Bagaimana tidak, baterai yang digunakannya tersebut menambah sekitar seperempat ton berat ekstra dibandingkan dengan mobil MG ZS biasa.

Tak heran jika ZS EV tak seringan mobil-mobil listrik yang lain. Untuk alasan ini jugalah, kendaraan ini agak tertinggal dari para pesaingnya.

Kualitas Interior yang Mengikuti Harga Jual

mg zs ev roof load

Ada harga ada rupa, mungkin ini salah satu hal yang melekat erat pada MG ZS EV. Pasalnya, kualitas interior dari mobil ini tak terlalu buruk atau tak terlalu mewah mengingat harga jualnya tersebut.

Kamu pasti akan langsung ngeh bahwa bagian dalamannya hanya dilapisi oleh plastik bersentuhan lembut bersama dengan tombol yang terasa kokoh, menyesuaikan, dan finishing yang baik.

⚡LAGI VIRAL!  Konsumsi BBM Toyota Vios, Beragam Desain Beragam Tujuan!

Menariknya, kelas interiornya tersebut sedikit lebih mewah dibandingkan dengan saingan terdekatnya, yakni Renault Zoe.

Kemudian saat kita duduk di dalamnya, maka pandangan ke arah depan memang akan nampak sangat luas. Namun berbeda saat melihat ke arah belakang karena adanya pilar yang menghalangi.

Untungnya, MG ZS EV dilengkapi oleh sensor parkir belakang sehingga tetap memfasilitasi kita untuk dapat parkir dengan mudah.

About Mobil Series

Check Also

Konsumsi BBM Fuso Fighter FN 62, Mobil Aset Pengundang Cuan

Siapa bilang mobil hanya bersifat liabilitas? Buktinya, sekalipun konsumsi BBM miliknya sangatlah deras, akan tetapi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *